Pembelajaran Sebagai Sistem

Hasil gambar untuk pembelajaran

Pembelajaran merupakan proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. (KBBI) Dapat juga dikatakan sebagai suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam suatu lingkungan belajar yang telah disiapkan, dengan tujuan membantu peserta didik dalam meningkatkan mutu dan menambah pengetahuan.

Hasil gambar untuk OUTPUT INPUT PROCESS FEEDBACK

Sistem merupakan perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Pada sistem, terbentuk dari berbagai elemen, seperti masukan, proses, keluaran, dan umpan balik (input, process, output, feedback). Setiap komponen/elemen satu sama lain, saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan/kompetensi yang telah ditetapkan.

Hasil gambar untuk pembelajarans sebagai sistem

Jadi, Pembelajaran sebagai Sistem adalah proses interaksi yang dilakukan antara peserta didik dengan pendidik dalam suatu lingkungan belajar tertentu dengan susunan, dan terjadi umpan balik diantara keduanya. Di bawah ini, merupakan elemen/komponen pembelajaran sebagai sistem :

  1. Masukan (Input)
  • Kurikulum

Hasil gambar untuk kurikulum ktsp

Kurikulum berhubungan erat dengan usaha mengembangkan peserta didik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Definisi kurikulum sendiri, menurut Kerr, J. F adalah semua pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun berkelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kurikulum merupakan suatu sistem pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan, karena berhasil atau tidaknya sistem pembelajaran diukur dari banyaknya tujuan yang dicapai.

Para ahli berbeda pendapat dalam menetapkan komponen-komponen kurikulum. Ada yang mengemukakan 5 komponen kurikulum dan ada yang mengemukakan hanya 4 komponen kurikulum.

Untuk mengetahui pendapat para ahli mengenai komponen kurikulum, seperti berikut ini : Subandiyah (1993: 4-6) mengemukakan ada 5 komponen kurikulum, yaitu:

  1. Komponen tujuan
  2. Komponen isi/materi
  3. Komponen media (sarana dan prasarana)
  4. Komponen strategi
  5. Komponen proses belajar mengajar.

 

  • Peserta didik

Hasil gambar untuk SISWA

 

Orang/ komponen manusiawi yang menempati posisi sentral dalam proses pembelajaran. Merupakan yang pertama kali perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran, mengenai keadaannya, kemampuannya, karakteristiknya, dll. Yang menjadikan peserta didik sebagai subjek belajar.

 

  • Instruktur

Gambar terkait

Orang yang mempunyai ahli di bidang materi tertentu. Jadi instruktur itu seperti guru, yang mengajarkan materi kepada peserta sesuai yang ada di kurikulum dan mengembangkan kurikulum itu sendiri. Karena pembelajaran lebih terarah, jika instruktur mengikuti/menggunakan kurikulum.

 

  • Sarana & Prasarana

Hasil gambar untuk sarana dan prasarana pendidikan

Merupakan bagian atau alat yang harus dipenuhi untuk memberikan kemudahan dalam menyelenggarakan suatu kegiatan, serta dapat digunakan pada proses pembelajaran, seperti media visual, proyektor atau yang lain sebagainya.

 

Sarana pendidikan : Semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien.

Prasarana pendidikan : Fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti : tata tertib sekolah, taman sekolah / kebun sekolah, jalan menuju sekolah, dll.

 

2. Proses (Process)

  • Materi

Bahan ajar yang digunakan instruktur dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, yang akan disajikan kepada para peserta dan disusun secara sistematis sehingga tercipta lingkungan atau suasana yang memungkinakan siswa/ peserta didik untuk belajar.

 

  • Metode

Merupakan cara/ strategi yang dilakukan oleh seorang pendidik atau seorang guru kepada peserta didk pada saat mengajar.

 

  • Media

Merupakan alat bantu yang digunakan instruktur untuk menyampaikan materi, disesuaikan pula dengan kebutuhan para peserta didik.

 

  • Evaluasi

Meruapakan suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu. Dalam pendidikan sendiri, merupakan suatu proses penilaian dalam mengumpulkan dan menganalisis untuk menentukan taraf kemajuan suatu aktifitas di dalam pendidikan, guna menetapkan tujuan, baik untuk instruktur/pendidik ataupun peserta didik.

 

  • Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP)

Merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran melalui kegiatan penelitian untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu proyek tertentu.

 

3. Keluaran (Output)

  • Peserta dengan kompetensi tertentu

Merupakan sesuatu yang dijadikan tujuan pembelajaran, yaitu mendapatkan hasil keluaran, setelah melalui proses belajar. Kompetensi yang dicapai peserta didik dapat tercapai, apabila komponen pembelajaran sebagai sistem (Input, Proses, Output, dan Feedback) tercapai atau sesuai dengan tujuan awal.

 

4. Umpan Balik (Feedback)

Merupakan informasi tentang hasil-hasil dari upaya belajar yang telah dilakukan siswa. Umpan balik dalam pembelajaran, merupakan sesuatu yang penting, yang digunakan sebagai pendeteksi berhasilnya tujuan awal atau tidak.

 

Nama : Rizky Nurcahyati

Kelas : Teknologi Pendidikan C UNJ 2017

NIM : 1101617030

 

Leave a comment