Domain Pembelajaran : Ranah Afektif dan Contoh Internalisasi dalam Diri

on
Processed with VSCO with a6 preset
Me

Ranah afektif merupakan tujuan-tujuan yang berkenaan dengan kondisi emosi seseorang. Sedangkan menurut KBBI, Afektif merupakan makna yang menunjukkan perasaan (tentang gaya bahasa atau makna).

Sedangkan menurut pendapat Krathwhol, dalam Taxonomy of Educational Objectives (Affective Domain) mengatakan bahwa ranah afektif merupakan :

 “Objectives which emphasize a feeling tone, an emotion or a degree of acceptance or rejection. Affective objective vary from simple attention to selected phenomena to complex but internally consistent qualities of character and conscience. It expressed as interest, attitudes, appreciations, values and emotional sets or biases”.

Tujuan-tujuan yang lebih mengutamakan pada perasaan, emosi atau tingkat penerimaan atau penolakan. Tujuan afektif mengubah perhatian dari yang sederhana menuju yang rumit untuk memilih fenomena serta menanamkan fenomena itu sesuai dengan karakter dan kata hatinya. Ranah afektif terlihat dalam sikap, minat, apresiasi, nilai dan emosi atau prasangka.

747_contest_image

“Nilai-nilai afektif apa saja yang sudah terinternalisasi di dalam diri Saya?”

Menurut saya, nilai-nilai afektif yang telah melekat dalam diri saya, diantaranya yaitu :
1. Kebiasaan melakukan shalat lima waktu, yang merupakan kewajiban saya sebagai seorang muslim.

2. Kebiasaan mencuci kaki dan tangan setelah bepergian dari tempat lain atau keluar dari rumah. Indikatornya yaitu, agar terjaganya kebersihan diri sendiri dan juga rumah dari kotoran maupun debu yang melekat pada tubuh.

3. Kebiasaan membuat puisi ketika hujan sedang turun dan ketika senja tiba. Karena menurut saya, saat-saat terbaik untuk mengekspresikan diri dan mudah membuat ide adalah pada waktu tersebut.

4. Kebiasaan menggunakan tempat ternyaman saat belajar, karena saya sering tidak fokus bila belajar di tengah keramaian ataupun dengan kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung saya untuk belajar.

5. Kebiasaan untuk membalas pesan orang dengan cepat (fast response), karena bagi saya hal itu sangat penting untuk tetap membangun hubungan baik dengan orang lain.

6. Kebiasaan untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, karena dari mendengarkanlah kita bisa menghargai orang lain dengan lebih baik.

7. Kebiasaan untuk mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan berbeda dari orang lain, serta tidak mencontek. Bagi saya merupakan suatu ciri khas dari diri saya sendiri.

Nama : Rizky Nurcahyati
Kelas : Teknologi Pendidikan C UNJ 2017
NIM : 1101617030

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s