Inilah Mitos dan Fakta si Cloud Computing

facts-and-myths-for-dengue
Cloud Hosting Indonesia – Apa yang kamu ketahui tentang “Cloud”, guys? Ya, cloud bukan hanya berarti “awan” saja, tetapi suatu teknologi terkini yang saat ini penggunaannya semakin diminati oleh banyak orang di dunia. Salah satu fungsi dasar dari cloud adalah teknologi yang memfasilitasi penggunanya dengan penyimpanan data yang bisa diakses dan dibagikan kepada pengguna lainnya melalui berbagai device, dengan syarat terhubung ke internet sebagai penempatan dari data yang tersentralisasi. Tau gak sih.. Ternyata ada beberapa mitos maupun fakta yang beredar mengenai cloud. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos mengenai si cloud computing, let’s check it out!

Fact : Cloud Will Continue to Grow

 

Businessman walking on the money stairs with sky sunlight cloudscape


Melihat fenomena penggunaan cloud akhir-akhir ini, sudah banyak orang yang beralih menggunakan teknologi cloud. Migrasi terbesar lebih banyak dilakukan oleh fasilitas perbankan, yang memungkinkan customer mereka bisa lebih flexibel bertransaksi dimanapun dan kapanpun dengan availability data yang tak terputus. Berikut adalah grafik perpindahan user berdasarkan penggunaannya.
21

Myth : Cloud is Just A Trend

cloud-computing-security
Perusahaan besar seperti Microsoft melakukan infestasi besar-besaran untuk riset teknologi ini, 90% dana tersebut digunakan untuk R & D teknologi Cloud Computing. Jadi, kurang tepat bila mengatakan bahwa Cloud Computing hanya sekedar tren teknologi sesaat yang nantinya digantikan dengan teknologi lainnya bukan?

Fact : Million People Use the Cloud

41
Hal ini memang benar adanya, guys. Lihat saja pada Gmail yang saat ini penggunanya sudah mencapai 400 juta lebih, 150 juta orang lebih menggunakan iCloud, dan lebih dari 50 juta pengguna menggunakan Dropbox sebagai kebutuhan sharing file. Hal itu telah menjadi fakta bahwa teknologi cloud sudah digunakan oleh ratusan juta pengguna!

Myth : Safe From Attack

weighing-the-benefits-and-the-risks-1024x830
Meskipun teknologi cloud semakin mutakhir perkembangannya, namun tentu saja tidak bisa menjamin datamu akan selalu aman, guys. Saat ini ribuan perusahaan melakukan migrasi data mereka ke sistem cloud computing dengan berbagai macam alasan dan kebutuhan. Tentunya hal tersebut akan memperbesar resiko keamanan dan pencurian atau kehilangan data, kan? Mulaidari serangan eksternal, internal, partner bisnis, dan aktivitas lainnya yang berniat melakukan kejahatan.

Fact : Open New Job Opportunities

job_openings-286x300
Saat ini sudah banyak perusahaan lokal yang membuka perusahaan berbasis layanan Cloud atau perusahaan IT lainnya yang menambah list produknya dengan menawarkan fasilitas cloud, guys. Oleh karena itu, tentunya mereka membutuhkan pekerja yang benar-benar mengertin mengenai teknologi cloud maupun hal yang berhubungan dengan IT.

Fact : The Place Could be on Anywhere

earth-back
Yap! Cloud bisa di mana saja, karena cloud bukanlah satu tempat yang permanen di suatu tempat yang sama. Maka dari itu sering disebut “The Cloud is nowhere, but everywhere”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s