Lem yang Aman untuk Mainan Anak? Lihat Tipsnya Dulu!

This slideshow requires JavaScript.

Industri paling menjanjikan hingga sekarang, salah satunya ialah industri mainan anak. Seringkali mainan berbahan plastik dianggap berbahaya, karena bahannya kebanyakan mengandung zat kimia dan ada yang beracun. Kemudian muncullah mainan kayu atau yang biasa disebuit wooden toys, yang dianggap lebih aman daripada mainan plastik. Semuanya ialah agar si kecil dapat terjaga kesehatannya kan, guys?

Detil-detil yang bahkan dianggap kurang penting pada mainan, seperti saat memilih lem pun menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Karena salah satu penyebab tidak amannya mainan anak adalah lem yang digunakan lho, guys. Memang, bahan dasar kayu sebagai mainan memang tak beracun. Tetapi bila dilem dengan adhesive yang beracun, tentu hasil akhir produknya pun akan disebut beracun. Lalu, bagaimana cara untuk membedakan lem yang aman dengan lem yang mengandung toxic atau racun tsb.? Check it out, guys!

1. Tidak berbau menyengat

Kebanyakan lem saat ini baunya sangat menyengat kan, guys. Nah cobalah hindari memilih lem yang seperti itu. Bila lem berbau menyengat, ada kemungkinan adhesive tersebut mengandung solvent sehingga berpotensi membahayakan kesehatan.

Nah, salah satu zat membahayakan yang dikenal manusia adalah volatile organic compound (VOC) atau senyawa organik mudah menguap. Untuk mengenali keberadaan VOC, dapat dengan mencium baunya. Dan agar kamu lebih yakin, baca saja informasi pada label produk lem yang digunakan, guys! 🙂

 

2. Dilarutkan dengan air/solvent

Tau gak sih.. Ternyata lem yang baik adalah lem yang larut dalam air. Mengapa? Karena ditinjau dari keamanannya, solvent jauh lebih membahayakan dibanding air. Solvent mengandung zat-zat seperti benzena yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Udah tau apa itu solvent? Solvent adalah pelarut sejenis thinner, spiritus, bensin, dan lain-lain.

Meski begitu, harus diperhatikan juga bahwa tidak semua lem berbasis air aman digunakan ya, guys. Namun secara umum, lem yang larut dalam air tersebut, lebih baik dibanding lem solvent.

 

3. Look for it..!

Ada beberapa hal yang harus lebih kamu teliti sebelum menggunakan lem mainan anak, diantaranya :

1. Pada keterangan produk, tidak ada substansi berbahaya, seperti formalin, dll.

2. Lem yang memiliki standar keamanan, seperti food grade dll. Karena standar food grade dapat digunakan untuk mengelem alat makan dan produk mainan anak, guys.

3. Adanya label yang menyatakan lem aman digunakan.

 

Selain lem mainan anak, ada juga industri sepatu yang memanfaatkan teknologi plasma sebagai primer lem sepatu mengganti lem sepatu berbahan kimia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s