Saatnya Nyaman dengan Gigi Palsumu

 

This slideshow requires JavaScript.

Apa jadinya kalau kamu menggunakan gigi palsu, pernah terbayang di pikiranmu guys?>_< Ya, memang jarang sekali orang yang berkeinginan menggunakan gigi palsu. Namun, bila memang harus dilakukan pemasangan gigi palsu, karena beberapa masalah pada gigi.. Apa boleh buat?
Apalagi saat kehilangan gigi, maka resikonya penampilanmu menjadi kurang menarik, percaya diri berkurang terutama saat berbicara, perubahan fungsi kunyah, fungsi bicara, dan lain-lain.
Lalu, sebenarnya apa sih gigi palsu itu? Dan bagaimana dampaknya setelah kamu mulai menggunakannya? Let’s check it out.

Gigi palsu biasanya terdiri atas beberapa gigi yang melekat pada pelat terbuat dari akrilik berwarna merah muda, seperti gusi dan kawat atau rangka logam. Kawat atau rangka logam inilah yang berguna untuk melekatkan gigi palsu pada gigi asli yang masih ada, guys.

Lihat juga : Gigi palsu dengan implant gigi, apa bedanya?

Lalu, bagaimanakah ciri-ciri gigi palsu yang baik?
Gigi palsu yang baik akan menggantikan semua fungsi gigi asli yang digantikannya, mulai dari segi estetika hingga segi pengunyahan. Karena itu gigi palsu yang baik akan terlihat dan berada di posisi yang baik seperti gigi aslinya, serta tidak bergeser saat digunakan atau tidak mudah lepas.

Ini beberapa dampaknya, ketika menggunakan kawat gigi..

1. Not Comfortable
Barang ataupun sesuatu yang baru saja kita miliki lalu digunakan, pasti akan terasa tidak nyaman pada awal mengunakannya. Tentu saja, ini karena kita belum terbiasa sehingga masih belum nyaman dengan “hal baru” yang ada.
Maka, biasanya akan dilakukan penyesuaian terhadap penggunaan gigi palsu, sehingga pada saat “fix” akan menggunakannya, kamu dapat merasa nyaman, guys!

2. The Function
Gigi palsu akan menggantikan fungsi utama gigi aslimu yang tiada, guys. Langkah pertama, cobalah makan makanan yang lunak yang sudah dipotong kecil. Kemudian kunyah dengan menggunakan kedua sisi mulut agar gigitan seimbang. Hindari makanan yang sangat keras apalagi alot, ya!

3. Pemulihan Cara Bicara
Penggunaan gigi palsu akan menolong memperbaiki cara bicara, dari gigi yang sebelumnya ompong. Bila ada kesulitan pengucapan huruf, yang harus kamu lakukan adalah mengulangi kata-kata yang sulit diucapkan dengan jelas.. Dan lama-kelamaan kamu akan menjadi lebih terbiasa.

4. Perawatan Rongga Mulut
Menyikat gigi dua kali sehari dan penggunaan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, utnuk mencegah terjadinya karies dan penyakit jaringan penyanggah gigi.
Perhatikan secara khusus, gigi yang menjadi tempat bersandarnya kawat gigi palsu, guys. Karena plak yang terjebak di balik kawat akan meningkatkan risiko karies gigi!

5. Perawatan Gigi
– Hindari penggunaan sikat yang berbulu keras, karena akan merusak gigi palsumu.
– Bersihkan seluruh permukaan gigi palsu dengan cara menyikatnya dengan lembut agar tidak merusak pelat atau membengkokkan kawatnya.
– Pada malam hari gigi palsu harus direndam dalam air, agar tetap terjaga kelembabannya dan tidak berubah bentuk.
That’s all. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s