Masih Sabar Menanti si 5G?

shutterstock_210681304

Kalian sudah mengenal teknologi internet cepat 4G, kan guys? Iya, jaringan yang memiliki kecepatan maksimal 1Gbps itu. Nah, 4G belum sempurna, kini operator di Indonesia sudah mulai berlomba memperkenalkan teknologi yang lebih cepat yaitu 5G! Wah, seberapa cepatnya kah si 5G ini, guys? Sedangkan 4G saja sudah cukup cepat saat digunakan. ^_^

International Telecommunication Union (ITU) menyebutkan jaringan 5G secara teori memiliki kecepatan 20 kali dari 4G LTE, yakni mencapai 20 Gbps dengan latensi rendah. Nah, adanya kombinasi kecepatan dan letensi rendah memungkinkan video resolusi tinggi dan perintah atau pesan diterima seketika hampir tanpa jeda. Wow!

What’s latency?
Latensi merupakan ukuran seberapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan dari ujung jaringan ke ujung yang lain, guys. Jadi dengan latensi yang rendah, maka jaringan dapat mengirim pesan tanpa jeda untuk mengoperasikan sistem IoT.

Lalu, apa keuntungannya?

1. Lebih cepat

26663-5g_data_transfer_speed
Kalau kamu download video sebesar 10Gb menggunakan jairngan 3G, kamu akan membutuhkan waktu hingga 22 jam. Di jaringan 4G, membutuhkan waktu download kira-kira 13 menit, dan di jaringan 5G? Hanya dibutuhkan waktu 5 detik untuk mengunduhnya! Wow banget, kan?!

2. Latency yang sangat rendah

requirements
Ya, latensinya rendah! Yaitu .. <=1ms end to end latency. Selain itu, 5G juga mampu menyediakan koneksi simultan hingga kurang lebih 2000 pengguna aktif. Selanjutnya, teknologi jaringan tercanggih ini juga unggul pada sisi penghematan tenaga, bahkan hingga 1000x lebih efisien dibandingkan dengan teknologi perangkat yang ada saat ini loh!

3. Good on video streaming

streaming-into-5g-blog-mantel-720x288
Kemampuan lain dari 5G yang juga ditunjukkan adalah video streaming konten 4K dari server ke radio base station yang dikirimkan ke perangkat 5G pengguna untuk ditampilkan di layar TV 4K. Penggunaan radio 5G juga dapat mendukung pemutaran video beresolusi 4K ke ratusan pengguna sekaligus!

4. Untuk Industri!

nn_robot_0

Untuk menjalankan teknologi 5G pemerintah telah menyediakan frekuensi 28 Ghz, mengacu standar World Radiocommunication Conference (WRC) Dengan pita yang lebar pita 500 Mhz, tentunya ini sangat mendukung implementasi jaringan 5G, yang berguna untuk beragam industri. Terutama dalam pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan internet stabil seperti di industri manufaktur, yang memanfaatkan robot untuk suatu pekerjaan.

Bagaimana implementasi 5G di Indonesia ?
Saat ini masih harus menunggu kesiapan regulasi dari pemerintah dan penyetaraan teknologi serta ekosistem secara teknis, guys. Diperkirakan, semua aspek itu akan rampung di kisaran tahun 2018 – 2020. Gimana, pasti udah gak sabar menanti kedatangan si 5G ini kan?!! ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s