Tips Hemat bin Irit Kuota, pada Smarthphone Android

hemat-kuota-android-660x398

Dengan nyamannya penggunaan smartphone, sering kali tidak terasa bahwa penggunaan kuota data internet sudah keterlaluan alias boros. Padahal, kamu mungkin sudah memilah, mana yang perlu dan tidak terlalu diperlukan untuk digunakan. Namun, lagi-lagi kamu harus membeli paket internet, meskipun kemarin kamu baru saja membelinya. Hmm.. Tandanya masih ada yang salah dalam metode penghematan kuota data di smartphone Android kamu, tuh guys!

Nah , agar kamu tidak perlu membuang uang hanya untuk sering membeli paket internet, diantaranya ada beberapa cara sederhana untuk menghemat kuota data kamu, guys.

1. On Background!

android_restric_background_data-337x600
Salah satu pemborosan data internet yang terjadi, saat kamu tidak menggunakannya adalah Background data. Contohnya adalah sinkronisasi email, update feed, widget cuaca, dan lain sebagainya.
Karenanya, kamu dapat mengaturnya di menu Settings, lalu pilih Data Usage, kemudian pilih Restrict Background Data, agar kuotamu tidak terbuang percuma, guys.

2. Inactive Your Auto Update

androidpit-google-play-settings-auto-update-apps-never-w782
Melakukan update di Google Play, merupakan salah satu penyebab pemborosan data. Iya kalau kamu menggunakan wifi publik, wifi kantor atau wifi teman.. Coba kalau pakai kuotamu sendiri? Wah.. bisa diambang kematian, kuotamu guys! >_<

Untuk mengatasi hal ini, kamu cukup masuk ke Play Store, kemudian set opsi auto-update menjadi Do not auto-updates apps, atau Auto-update apps over Wi-Fi only.

Jika kamu diharuskan untuk melakukan update pada aplikasi yang kamu miliki, lakukanlah secara manual. Pilih My Apps, kemudian lihat satu per satu, mana yang kamu butuhkan untuk segera diperbarui. Dengan hal tersebut, kuota data kamu bisa lebih hemat.

3. Do it Offline

url.jpg
Layanan streaming kini tersedia secara berlimpah. Dengan menggunakan smartphone, kamu sudah bisa mengakses berbagai aplikasi dan media, mulai dari musik, video dll. Tapi.. hal ini akan banyak menyita kuotamu loh, guys! Lebih baik menyimpan musik maupun video favoritmu pada memori internal, karena selain menghemat kuota kamu juga dapat membukanya berulang kali tanpa sibuk memikirkan kuotamu lagi, guys. 😉

4. Data Usage Feature?

Screenshot_2016-04-02-01-42-15-picsay
Tahu gak sih.. Pada beberapa smarthphone android, kamu bisa membatasi penggunaan kuota dengan cara mengaturnya melalui menu Settings, lalu pilih “Data Usage”, kemudian centang opsi “Set Data Limit”. Nah, kemudian akan terlihat batasan penggunaan yang kamu inginkan. Apabila kuota yang digunakan telah mencapai batas, maka jaringan data akan dinonaktifkan secara otomatis.

5. Turn Off The Sync

IMG_0296
Mematikan fitur sinkronisasi akun Google adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukan penghematan data. Dengan mematikannya, ponsel Android tidak akan melakukan sinkronisasi secara otomatis, yang akan menyebabkan kuota kamu berkurang tanpa disadari.
Menonaktifkan fitur sync ini juga dapat kamu lakukan pada device yang memiliki fitur cloud. Kamu dapat mengaktifkannya lagi bila sudah mendapatkan wifi, guys.

aaaaaaaaaa

Nah, itulah beberapa tips menghemat kuota pada hp android. Memiliki kuota besar memang mengasyikan, namun tak ada salahnya kan, jika kamu berhemat saat menggunakannya agar tak kehabisan paket data di saat-saat penting. Satu lagi, manfaatkanlah wifi gratis yang ada sebelum wifi itu tiada. ^_^ Atau mau pakai internet service provider Jakarta yang murah aja? It’s up to you 🙂

Salam techno!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s